• Kam. Mar 28th, 2024

5 Tips Membuat Toko Online yang Disukai Pengunjung

Mar 29, 2023
Toko online merupakan tempat dimana seseorang menjual produk dagangannya melalui Internet. Produk yang dijualnya sendiri beragam, bisa berupa produk fisik seperti baju, asesoris dan lain sebagainya, atau bisa juga berupa produk digital seperti ebook, games dan sejenisnya.

Pernggunaan toko online setidaknya akan lebih menghemat uang dan biaya ketimbang harus menyewa atau bahkan membuat bangunan toko. Yang pembuatannya pasti akan membutuhkan uang yang tidak sedikit. Berbeda dengan toko online, tidak lebih dari satu juta, si pemilik barang sudah siap menjajakan dagangannya ke seluruh penjuru negri.

5 Tips Membuat Toko Online yang Disukai Pengunjung

Nah jika kamu salah satu pemilik produk, baik itu produk fisik ataupun digital dan berminat untuk menjajakan dagangan melalui toko online, maka tips-tips membuat toko online yang disukai pengunjung berikut bisa kamu pertimbangkan agar nantinya bisa meningkatkan konversi penjualan kamu semuanya.

1. Buat Toko Online yang Simpel But Powerfull

Buatlah toko online yang menarik namun tidak melupakan kesederhanaan. Jangan buat toko online yang membuat pengunjung pusing karena terlalu banyak konten yang berlebihan. Masukan hal-hal yang diperlukan saja, seperti deskripsi, produk populer, metode pembayaran, navigasi dan sejenisnya. Khusus untuk navigasi, buatlah menu yang terkategorikan dengan baik agar para pengunjung bisa melihat-lihat produk kamu dengan lebih mudah.

Baca juga :4 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum berbisnis online lewat dropship

Dalam membuat toko online, pastikan produk-produk yang terdapat didalamnya disertakan pula dengan deskripsi yang lengkap sehingga para pembeli tidak banyak bertanya kepada kamu tentang produk yang dijajakan.

2. Berikan kemudahan dalam proses pembayaran

Terkadang ada segelintir penjual online yang menjajakan dagangannya lewat toko online, namun memberikan kesulitan kepada para pembeli dalam transaksinya. Sebenarnya bukan mempersulit si, cuman prosesnya yang dibikin ribet, dan mereka tidak sadar bahwa hal ini sebenarnya akan mempersulit para konsumen dalam membeli barang. Saya sarankan si buat tombol satu klik langsung melakukan transaksi dan jangan disuruh ini suruh itu, kasihan ke pembelinya.

3. Buatlah branding produk kamu unik

Buatlah branding produk yang unik dan menarik. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan kesan serta identitas terhadap produk atau toko online yang yang kamu miliki. Dengan adanya branding produk, pengunjung akan semakin percaya dan mudah mengingat produk-produk apa saja yang sudah mereka beli di toko kamu. Dengan begitu, mereka berkesempatan kembali ke toko online jika produk yang kamu pasarkan memuaskan. Oh ya, jangan lupa siapkan juga logonya agar bisa semakin memantapkan keprofesionalan dari branding produk yang kamu jual.

4. Terus Update Produk

Sangat mengesalkan bukan, jika kita mengunjungi sebuah situs toko online namun produknya itu-itu saja, gak ada perubahan dan jadul. Toko online kaya gini nampak seperti toko tua yang sudah ditinggal pemiliknya. Toko telihat mati dan membuat pelanggan pergi. Nah untuk mengatasi hal itu, jangan coba-coba untuk malas dalam mengupdate produk. Ini penting agar pengunjung betah ada di situs kamu. Mereka merasa situs kamu update dan varian produknya semaik bervariasi.

5. Tetapkan Harga yang Masuk Akal

Jangan pernah sekali-kali menjual produk dengan harga yang tidak wajar. Harga dipasaran 100.000 kamu jual 180.000, ya ga boleh begitu. Pembeli online zaman sekarang sudah pintar-pintar dalam mebandingkan harga, jadi jangan suka mempermaikan mereka dengan cara seperti ini. Tetapkanlah harga yang wajar dan tidak jauh dengan harga pasar. Alangkah lebih baiknya lagi jika kamu lihat harga kompetitor yang menjual produk sejenis, kamu bisa menetapkan harga yang lebih kompetitif. Saya sarankan harganya jangan melebihi harga mereka, lebih bagusnya malah lebih rendah. Para pembeli pasti akan lebih tertarik ke toko online kamu.

Mungkin sekian saja artikel tentang “5 Tips membuat toko online yang disukai pengunjung”. Semoga tulisan blog robot bisnis online bisa bermanfaat dan mambantu kamu dalam menjalankan bisnis Internet.