• Sab. Apr 27th, 2024

Butuh Sambungan Pipa? Ketahui Dulu Tentang Fitting Pipa

Jul 2, 2020

Siapa yang tidak pernah menggunakan pipa? Tentu saja semua orang pernah menggunakan pipa baik untuk kebutuhan standar rumah tangga hingga kebutuhan dalam skala besar. Jika anda menggunakan pipa tentu anda akan mencari sambungan pipa. Sambungan pipa juga sering disebut dengan fitting pipa. Jadi, anda akan lebih mudah menemukan “fitting pipa” jika berkunjung ke toko perkakas dibandingkan mencari – cari sambungan pipa. 

Jika dalam dunia busana, fitting identik dengan proses untuk mencocokkan ukuran baju agar nyaman dipakai. Begitu pula dengan fitting pipa. Fitting pipa merupakan benda yang digunakan untuk membantu proses pemasangan pada pipa dan fungsinya membantu menyambung satu pipa dengan pipa yang lain dan tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

Apa saja jenis fitting pipa yang tersedia saat ini? Saat ini di pasaran terdapat berbagai macam jenis fitting pipa. Pertama, anda akan cukup mengenal elbow yang sering disebut juga dengan ells. Jika anda membutuhkan penyambung pipa berbentuk siku – siku artinya anda membutuhkan jenis pipa elbow. Pipa ini seperti namanya diambil dari bahasa inggris yang berarti siku. Biasanya pipa jenis elbow memiliki sudut berkisar 45 serta 90 derajat. 

Bagaimana cara menyambungkan pipa elbow? Anda bisa menggunakan perekat seperti lem hingga cara manual misalnya ulir. Tapi cara tersebut hanya bisa anda gunakan untuk jenis pipa PVC, jika anda memilih pipa bahan besi galvanis maka anda tidak bisa menggunakan perekat lem tersebut. Anda harus menggunakan  ulir serta las. 

Jenis kedua merupakan jenis pipa valve. Jenis pipa ini banyak yang menganggap termasuk jenis khusus. Karena fungsinya bukan hanya sebagai sambungan antar pipa tetapi juga berguna untuk pengendali aliran sebuah sistem. Fitting pipa valve dibagi lagi menjadi ball valve, butterfly valve serta gate valve. Sebagai bahan material yang khusus dan berguna untuk mengendalikan aliran sebuah sistem. Maka anda harus memilih material yang cukup kuat. Beberapa material yang bisa anda pakai yakni baja, tembaga, kuningan, galvanis serta PVC. Ada bahan material lain juga yang bisa anda temukan di pasaran.

Produk sambungan pipa yang cukup dikenal di pasaran adalah fitting pipa Rucika. Rucika merupakan salah satu brand yang memiliki fitting cukup lengkap bahkan rucika mengklaim memiliki lebih dari 300 item produk sambungan pipa yang sesuai untuk masing – masing kebutuhan anda. Keunggulan yang ditawarkan oleh rucika yakni semua produknya sudah terstandar jepang (JIS), menggunakan bahan aditif khusus yang berfungsi untuk dapat mereduksi pengaruh sinar UV untuk membuat pipa rucika tetap aman dan awet. Pipa air Rucika juga bisa didaur ulang karena sifat bahannya yang thermoplastic dan merupakan isolator yang baik.