• Sel. Apr 30th, 2024

Apa Saja Istilah-Istilah dalam Tanda Tangan Digital

tanda tangan digital

Tanda tangan digital adalah suatu tanda tangan biasa yang dibuat secara elektronik yang berfungsi sama dengan tanda tangan biasa pada dokumen kertas biasa. Tanda tangan adalah data yang apabila tidak dipalsukan, dapat berfungsi untuk menyatakan bahwa orang yang namanya tertera pada suatu dokumen setuju dengan apa yang tercantum pada dokumen yang ditandatanganinya.

Tanda tangan digital dapat memberikan jaminan yang lebih terhadap keamanan dokumen dibandingkan dengan tanda tangan biasa. Penerima pesan yang dibubuhi tanda tangan digital dapat memeriksa mengenai apakah pesan tersebut benar-benar datang dari pengirim yang benar dan apakah pesan tersebut telah diubah setelah ditandatangani, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Terdapat beberapa istilah yang biasanya digunakan dalam layanan tanda tangan digital.

Tanda tangan digital

Definisi Tanda Tangan Digital menurut CISA (Cybersecurity & Infrastructure Security Agency AS) adalah salah satu jenis tanda tangan elektronik berupa algoritma matematis yang digunakan untuk memvalidasi otentisitas dan integritas sebuah pesan. Contohnya adalah email, transaksi kartu kredit, atau dokumen digital.

Sertifikat elektronik

Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan juga identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, sebagaimana dilansir dari UU ITE. Sama halnya dengan KTP, sertifikat elektronik bertujuan untuk mengidentifikasi pemegang sertifikat, yaitu subjek hukum sebuah transaksi elektronik.

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE)

PSrE adalah  pihak ketiga yang menerbitkan sertifikat elektronik berdasarkan teknologi yang menjamin autentikasi pemilik data dan integritas data yang dikirim. Di UU ITE, Penyelenggara Sertifikasi Elektronik didefinisikan sebagai suatu badan hukum yang berfungsi sebagai pihak yang layak dipercaya, yang memberikan dan mengaudit Sertifikat Elektronik.

Public key dan private key

Public key cryptography adalah metode kriptografi yang memakai sistem pasangan kunci, di mana satu kunci disebut public key atau kunci publik, yang bisa didistribusikan untuk dipakai pengirim maupun penerima pesan/dokumen. Pasangannya adalah private key atau kunci privat yang hanya dimiliki dan digunakan satu pihak saja.