• Sab. Apr 20th, 2024

Tahukah Anda Tidak Boleh Kirim Barang Ke Malaysia Dalam Bentuk Apa Saja

Feb 12, 2021

Bisa melebarkan bisnis ke Malaysia atau negara lain di dunia, pasti menjadikan suatu kebanggaan. Apalagi jika toko mendapatkan rating tinggi, pasti membuat semakin semangat. Namun apakah Anda tahu, ternyata ada beberapa barang yang tidak boleh dikirim ke Malaysia lho, apa saja? Barang yang tidak diperkenankan adalah seperti yang akan ditulis di bawah.

Kirim Barang Ke Malaysia Yang Tidak Diperbolehkan

Saat bisnis online shop Anda mulai berkembang, Anda juga harus berhati-hati ya. Saat kirim barang ke Malaysia, pastikan barang tersebut tidak termasuk barang yang tidak diperbolehkan masuk ke negara tersebut. Berikut adalah barang yang tidak diperbolehkan masuk ke negara Malaysia.

Kirim Barang Ke Malaysia Berupa Kertas Atau Buku

Kertas yang dimaksud adalah seperti kalender, buku harian, foto, lukisan, ukiran, kartu, faktir kosong, koran atau lain sebagainya.

Buah Dan Panganan Tertentu

Buah dan beberapa makanan juga dilarang masuk ke Malaysia, diantaranya dalah buah rambutan, kakao, lengkeng, pulasandan juga buah nam-nam. Biji kopi ataupun saple kopi juga dilarang masuk ke Malaysia, selai itu biji kapas beserta kapas buatannya juga dilarang masuk, termasuk sample biji lainnya. Produk minyak dan bahan makanan juga tidak diperkenankan masuk ke negara tersebut.

Produk Bahan Bangunan

Produk-produk yang berkaitan dengan bahan bangunan juga tidak boleh masuk, misalnya seperti keramik, kaca, alat pengukur dan juga marmer.

Produk Kesehatan Dan Kosmetik

Beberapa produk yang berkaitan dengan kesehatan juga tidak diperkenankan, misalnya peralatan medis gigi, Isopropanol, obat tidak memiliki resep. Kosmetik juga tidak bisa masuk, seperti parfum, cologne, cairan haz atau non haz.

Kain Dan Pernak-Pernik

Segala macam kain dan sample kain, kain yang memiliki motif ayat dalam Al Quran. Barang yang terbuat dari kulit, perhiasan, arloji, kaca mata, kontak lens, pesil, pulpen.

Hasil Bumi

Beberapa hasil bumi atau kekayaan alam seperti batu bara, kayu bakar, sample oli untuk analisis juga tidak boleh masuk ke sana.

Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik dan sejenisnya juga juga dilarang masuk di negara tersebut. Misalnya seperti  papan sirkuit, peralatan komunikasi, komponen suku cadang, perangkat lunak komputer, peralatan elektronik, game elektronik, peralatan industri dan lainnya.

Bahan Kimia

Bahan kimia seperti sodium arsenite, zat biologis, crocidolite, polyclorinate, phospate, dan zat kimia lainnya.

Minuman Alkhohol

Minuman alkhohol yang mengandung lebih dari tiga koma empat puluh enam mg/lt timbal dan minuman memabukkan lainnya.

Film

Film yang dimaksud di sini adalah bisa berupa film hiburan, promosi, pelatihan. Barang berupa media seperti kaset, video, diket, slide nerwarna, cakram laser juga dilarang.

Di atas tadi adalah beberapa ketentuan larangan kirim barang ke Malaysia. Sebaiknya Anda memastikan barang yang akan dikirim sebelumnya. Untuk informasi lengkap berkaitan barang dan juga ketentuan lain bisa di akses di https://kilo.id/jasa-kirim-ekspor/indonesia-malaysia.