• Rab. Mei 18th, 2022

Ingin Mobil SUV Selalu Awet? Lakukan Berbagai Perawatan Ini

promo Pajero Sport

Munculnya sejumlah SUV baru selama beberapa tahun terakhir rupanya berkaitan dengan minat konsumen di Indonesia. Salah satu alasannya karena kendaraan ini dianggap fleksibel dan bisa dibawa berkendara di jalanan kota maupun medan off-road. Terlebih lagi dengan adanya promo Pajero Sport yang sering diadakan oleh dealer maupun lembaga pembiayaan, sehingga membuat banyak orang semakin tertarik memiliki mobil ini.

Meski tangguh di jalan, SUV harus mendapatkan pemeliharaan berkala agar performanya stabil. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

  • Berikan bahan bakar yang tepat

Seperti jenis kendaraan lain, SUV membutuhkan bahan bakar sebagai sumber tenaga. Bensin atau gasoline adalah jenis bahan bakar yang biasanya diberikan pada SUV, sama seperti hatchback dan MPV. Kemudian, Anda juga perlu melakukan pengecekan kualitasnya supaya kondisi kendaraan tetap stabil. Jangan sekali-kali menggunakan bahan bakar oplosan yang berpotensi merusak mesin dan komponen dalam SUV.

  • Hindari berkendara dengan jarak tempuh terlalu pendek

Kebiasaan bepergian dengan jarak tempuh pendek rupanya akan menurunkan performa SUV. Bagaimana bisa? Seperti yang diketahui, mesin membutuhkan waktu rata-rata tiga menit sampai akhirnya panas. Namun, membawa kendaraan waktu tempuh yang sama atau hanya 10-15 menit berpotensi menurunkan performanya. Risiko kerusakan juga bertambah besar kalau Anda mengendarai SUV dengan mesin yang masih dingin.

  • Rutin mengganti oli dan pakai yang tepat

Oli mesin bukan satu-satunya yang harus Anda ganti secara berkala. Oli transmisi, oli rem, hingga oli gardan pun membutuhkan perhatian agar kendaraan tetap berjalan secara optimal. Jika Anda jarang mengganti oli, mesin akan mudah panas (overheat) dan berdampak pada komponen lain. Pastikan juga Anda selalu menggunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan mesin dan juga oli harus selalu original.

  • Pastikan mobil diservis secara berkala

Servis berkala biasanya sudah ditentukan pihak pabrikan mobil saat Anda kali pertama membeli SUV. Pemeliharaan ini pun akan semakin penting buat Anda yang kurang memahami seluk-beluk kendaraan. Dengan membawanya ke bengkel resmi, Anda bukan hanya mencegah kerusakan. Di sana, Anda juga bisa mempelajari langkah-langkah perawatan yang diberikan teknisi supaya bisa diaplikasikan di rumah.

  • Jadwalkan pencucian mobil

Mobil SUV, seperti jenis mobil lainnya, tak akan luput dari debu, kotoran, bahkan bakteri. Apalagi kalau Anda lebih sering membawanya untuk off-road. Sebab medan seperti ini umumnya lebih berbahaya dan juga kotor dibandingkan jalan raya perkotaan. Oleh karena itu, jadwalkan pencucian mobil secara teratur dan menyeluruh. Bersihkan seluruh area, baik eksterior maupun interior, termasuk juga area ruang mesin. Namun, waspada saat membersihkan area mesin, karena ada beberapa komponen yang rentan terhadap air dan justru berpotensi menimbulkan masalah pada performa mesin saat basah.

Untuk Anda yang saat ini sudah atau baru memiliki mobil SUV, pastikan untuk melakukan berbagai hal di atas. Sementara untuk Anda yang baru berencana mengajukan kredit mobil ini, maka mengetahui informasi di atas akan membantu Anda mempersiapkan diri setelah mobil tersebut berada di tangan Anda.