• Rab. Apr 24th, 2024

Penghasilan Sampingan Selama Pandemi Covid-19

Apr 22, 2020


Sejak Maret 2020 wabah corona atau covid-19 mulai melanda Indonesia yang berdampak kepada berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah dampak ekonomi yang sangat dirasakan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang kehilangan Pekerjaannya dan banyak usaha yang gulung tikar Usaha Kecil Menengah khususnya, disituasi seperti ini sulit rasanya untuk mencari Pekerjaan, sebab Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tidak keluar rumah dan dianjurkan bekerja dirumah atau Work From Home (WFM).

Pembatasan aktivitas diluar rumah dilakukan untuk memutus rantai penularan covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Walau situasi sangat sulit untuk mencari penghasilan, pasti akan selalu ada peluang yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan penghasilan tambahan untuk menunjang kehidupan selama pandemi ini. Berikut rangkuman jenis penghasilan sampingan yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Penghasilan dari Konten Kreator di Youtube

Bukan rahasia lagi kalau sekarang banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi Youtuber karena penghasilannya yang bikin ngiler. Contohnya Atta Halilintar, dengan jumlah subscriber mencapai 20,4 juta orang, diestimasi dia tekag memiliki pendapatan menyentuh angka US$3,2 juta atau sekitar Rp 44,8 miliar per tahun atau kurang lebih 2 miliar per bulan. Penghasilan dari
Youtube fantastis bukan?
Sebagai Content Creator Youtube kamu bisa mendapatkan penghasilan lewat beriklan di Google Adsense, membuat konten bersponsor, bergabung dalam affiliate marketing atau menjual produk kamu sendiri di cahnnel Youtube kamu.

Untuk pendapatan Adsense di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar Rp 7.000 rupiah per 1000 tayangan. Jadi kalau video yang kamu upload ke Youtube mendapatkan 1 juta views, artinya kamu memperoleh setidaknya sekitar Rp7.000.000. Angka yang lumayan banget bukan? Lebih dari UMR berkerja di Jakarta!
Untuk membuat video di Youtube pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cuma butuh kamera (bisa menggunakan kamera HP), laptop atau komputer untuk edit video dan internet untuk mengupload video.
Dari segi konten video ada banyak sekali konten yang bisa kamu buat bahkan bisa menyesuaikan minat kamu. Mulai dari konten tips dan trik, tutorial, vlog, top list, game, komedi dan masih bayak lagi.
Kamu juga bisa menyesuaikan dengan minatkamu. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa membuat channel tutorial memasak. Kalau kamu suka game, kamu bisa membuat channel bermain game seperti Jess No Limit yang sudah bisa membeli mobil Ferari dari hasil bermain game di channel Youtubenya.
Tapi dari semuanya, yang paling penting adalah konsistensi. Kamu harus tekun menjalaninya dan rajin meng-upload video. Tentunya semua ini bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Dan bisa mengisi waktu luang bagi kamu yang bekrja dari rumah (WFH).

2. Jualan Online

Saat kegiatan di luar rumah dibatasi akibat wabah corona, tentunya pekerjaan yang bisa kita lakukan pun juga jadi sangat terbatas. Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis online, salah satunya mengelola bisnis online shop.
Kamu bisa menjual produk fashion seperti: Pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris. Fashion adalah produk yang paling banyak dicari orang saat berbelanja online.
Selain itu, saat momen wabah Corona seperti ini manfaatkanlah untuk menjual produk jamu dan ramuan herbal, produk ini sedang banyak dicari orang. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya bisa kamu dapatkan dengan berbelanja di warung sayur.
Saat lagi dirumah aja kamu bisa membuka dan mengelola bisnis online shop kamu sendiri. Saat ini untuk membuat online shop tidak sulit, ada banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produkmu.
Selain memanfaatkan marketplace, kamu juga dimudahkan dengan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Unggah produk jualan kamu ke sosial media lalu share ke teman-temanmu, atau jika punya modal kamu bisa mengiklankannya. Biaya iklan di Instagram dan Facebook juga tidak mahal kamu bisa beriklan mulai dari 50 ribu saja.

3. Buat Website Sendiri dan hasilkan uang dari iklan & Sosial Marketing
Kamu bisa membuat website pribadi menggunakan situs blogger atau wordpress. Kamu bisa menulis beragam hal di website ini tergantung ketertarikan kamu. Jika website kamu memiliki pengunjung rutin maka kamu bisa mendapatkan uang dengan cara memonetisasi lewat google adsense. Setelah beriklan lewat google adsense maka kamu akan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di website.
Mirip seperti youtube, semakin banyak orang yang mengunjungi website kamu maka akan semakin banyak iklan yang ditampilkan dan semakin banyak uang yang bisa kamu dapatkan.
Selain beriklan lewat google adsense kamu juga bisa mengikuti program affiliate marketing atau afiliasi pemasaran. Cara kerjanya sederhana, kamu tinggal menyematkan tautan produk dari perusahaan afiliasi pada konten website kamu. Jika produk tersebut diklik atau dibeli pengunjung website kamu maka kamu akan mendapatkan uang yang sudah disetujui harganya sebelumnya.
Contoh jika satu pengunjung yang membeli produk dari link yang ada di website kamu dibayar Rp. 20.000 maka jika ada 10 pengunjung kamu akan mendapatkan RP 100.000.

4. Menjadi Penulis Lepas

Saat ini ada banyak perusahaan yang memiliki website dan butuh untuk memperbarui kontennya. Biasanya mereka akan menggunakan jasa penulis lepas untuk mengisi konten artikel di websitenya.
Rata-rata harga artikel dengan 1.000 kata di website antara Rp. 25.000 – Rp. 100.000. Jadi jika kamu bisa menulis satu artikel sehari dalam sebulan kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan rata-rata Rp. 1.000.000 dari jasa penulisan. Uang tambahan yang lumayan bukan.
Kamu bisa mengerjakan satu tulisan dalam waktu dua jam dirumah selama pandemi corona masih berlangsung.
Ada banyak sekali website jasa penulisan di internet, kamu bisa mencari tawaran pekerjaan menulis dengan mengunjungi website tersebut. Pastikan juga kamu sudah memiliki portfolio tulisan yang bisa kamu tunjukan agar orang-orang semakin tertarik dengan jasa penulisan kamu.

5. Penerjemah Bahasa di berbagai situs freelancer

Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, karena jasa penerjemahan masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.Era komunikasi global seperti sekarang ini menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa.
Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa memilih ide usaha ini. Dengan bermodalkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih.
Kamu bisa mencari pekerjaan penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya.

6. Menjadi Seorang Proofreader atau Editor

Masih berhubungan dengan tulis-menulis, pekerjaan berikutnya adalah dengan menjadi proofreader atau editor freelance. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memang suka membaca dan menulis
Sebagai proofreader kamu akan bekerja dengan memeriksa kesalahan-kesalahan ketik yang ada pada sebuah naskah agar menjadi enak dibaca. Kamu ditugaskan untuk memeriksa file, menemukan kesalahan ketik, dan memperbaikinya.
Apabila kamu memiliki pengetahuan tentang ejaan dan kaidah penulisan yang cukup kamu bisa bekerja sebagai editor tugasnya. Sebagai editor kamu bertugas untuk mengedit tulisan memperbaiki struktur dan tanda baca agar sesuai dengan kaidan penulisan.
Umumnya I akan dibayar berdasar jumlah halaman naskah yang dikerjakan. Biasanya berkisar antara Rp5.000 – Rp10.000 per halaman untuk standar penerbitan buku. Kamu bisa menumukan banyak lowongan untuk jasa ini diinternet.

7. Menjual Jasa Desain Grafis

Jika kamu punya keterampilan desain grafis, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan saat bekerja dirumah. Dengan modal, software desain dan jaringan internet kamu sudah bisa menjual jasa desain grafis lewat beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis seperti sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, serta upwork.com.

Agar semakin banyak klien yang tertarik menggunakan jasamu, pastikan kamu memiliki banyak portofolio desain terbaik. Jasa desain grafis banyak dicari oleh perusahaan untuk pembuatan kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Itu tadi 7 Peluang Penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan dirumah sebagai sarana pelarian didalam situasi Pandemi ini. Terima kasih semoga bisa bermanfaat saya pamit undur diri see you next time.